Perbedaan Grade Sarang Walet Kotor

Pilihan grade sarang burung walet kotor

Kebons.com – Kali ini, kita akan mengulas tentang grade sarang walet kotor. Bagaimana klasifikasi nya, bagaimana kategorisasi dari sarang walet kotor yang selama ini berlaku dalam bisnis cuci sarang walet. Akan kita ulas secara lugas disini.

Kode Kode Grade Sarang Walet Kotor

Bagi petani walet dan trader sarang walet kotor, atau pengepul, sudah sangat familier dengan beberapa istilah ini, misalnya 6 – 3 – 1 , atau 6 – 4, atau 7 – 3.

Istilah istilah ini menunjukkan komposisi sarang walet yang dijual oleh petani secara cong. Rata rata petani walet tidak ada yang mau menjual sarang hasil gedung waletnya, kecuali dengan sistem cong.

Pertanyaannya, apa itu system cong, dan apa maksud dari angka angka tersebut?

Jawabannya adalah, sistem cong merupakan sistem jual beli sarang walet secara borongan. Jadi petani walet menjual hasil panennya… semuanya… tanpa harus disortir lagi.

Hal ini disebabkan karena, fokus petani adalah panen dan jual. Kegiatan sortir sarang hanya akan menambah pekerjaan mereka.

Apalagi jika petani sarang walet sudah memiliki gedung walet lebih dari satu, jadwal panen sarang mereka sudah padat dalam sebulan, tidak ada waktu lagi untuk menyortir sarang.

Sistem Cong adalah sistem jual beli sarang walet borongan, sedangkan angka 6 – 3 – 1 ,atau 6 – 4, atau 7 – 3, adalah angka angka yang menunjukkan komposisi sarang yang dijual secara cong tadi.

Macam macam sarang burung walet kotor

Kalau kita perhatikan, tiap kombinasi angka, baik tiga angka ataupun dua angka, jika dijumlahkan akan menjadi 10. Itu menandakan komposisi sarang yang dijual adalah 100%, atau semuanya.

Kombinasi 6 – 3 – 1. Artinya sarang mangkuk 60%, sudut 30%, dan patahan 10%.

Kombinasi 6 – 4. Artinya sarang mangkuk 60%, Sudut 40%, tanpa ada sarang patahan.

Kombinasi 7 – 3. Artinya sarang mangkuk 70%, Sudut 30%, dan tidak ada sarang patahan.

Hal ini menunjukkan bahwa petani walet sudah menghitung komposisi sarang terlebih dahulu sebelum ditawarkan kepada pembeli. Walaupun pembeli diperbolehkan menghitung kembali komposisi sarang walet on the spot secara bersama sama.

Komposisi sarang mangkuk, sarang sudut, dan sarang patahan inilah yang menjadi acuan grading sarang walet kotor.

Tiga Grade Utama

Dari sini, ada tiga grade sarang walet kotor. Yang pertama adalah sarang mangkuk, kedua sudut, dan terakhir patahan.

Sarang mangkuk adalah sarang walet yang dibuat oleh buung walet di permukaan yang rata dan lurus, baik itu di papan, ataupun di tembok.

Sedangkan sarang sudut adalah sarang yang dibuat oleh burung di sudut ruangan, sehingga kaki dari sarang tersebut membentuk siku 90 derajat.

Adapun sarang patahan adalah sarang mangkuk dan sarang sudut yang patah saat dipanen, ataupun ukurannya terlalu kecil dan tidak utuh dikarenakan burung walet tidak tunta membuat sarang.

Demikian ulasan tentang grading sarang walet kotor. Semoga bermanfaat.

Untuk Tutorial Lengkap Bisnis Cuci Ssarang Walet, Kunjungi: Waletindonesia.net

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *