Grading Sarang Walet Bersih Siap Masak

Kebons.com – Kali ini, kita akan mengulas tentang grading sarang walet bersih siap masak, atau disebut juga edible birdnest.

Di ulasan yang lalu kita telah membahas grading sarang walet kotor, atau raw birdnest. Ada tiga grade sarang walet kotor yang umumnya di perjual belikan dalam bisnis sarang walet.

Grade Sarang Burung Walet Bersih

Setelah ketiga grade sarang ini dibersihkan, akan menjadi sarang bersih yang siap dimasak untuk di konsumsi dengan bermacam macam jenis masakan.

Dari tiga grade sarang kotor, setelah dibersihkan akan menjadi dua puluh hingga dua puluh lima grade sarang bersih.

Hal ini disebabkan karena sarang kotor melewati beberapa proses pembersihan yang menghasilkan sisa sarang dengan bentuk yang baru.

Bentuk baru ini akan menjadi grade baru, atau varian baru diluar ketiga grade atau varian utama sebelumnya.

Sarang Sapuan

Langsung saja, grade petama yang merupakan grade terrendah dari sarang burung walet adalah grade sapuan atau limbah.

Grade sapuan atau limbah berasal dari rontokkan sarang yang jatuh ke lantai saat proses pembersihan berlangsung.

Grade sapuan ini biasanya dikumpulkan saat jam kerja berakhir, saat ruangan cuci sarang disapu bersih, dan terdapat rontokkan sarang walet bercampur kotoran dari sapuan tersebut. Setelah dibersihkan dari kotoran lantai, rontokkan sarang walet ini kembali berharga, dengan harga yang paling rendah.

Sarang Cutteran

Grade selanjutnya adalah grade kedua dari bawah, yaitu grade cutteran. Sarang cutteran didapat dari hasil cutteran sarang utuh di awal proses pembersihan.

Sarang kotor setelah di semprot air, pertama kali yang dibersihkan adalah bagian yang tadinya menempel di permukaan gedung walet. Baik itu papan sirip atau beton.

Papan sirip dan beton akan meninggalkan warna yang membekas pada bagian kaki sarang. Papan sirip meninggalkan warna kuning karena berbahan kayu, beton berwarna abu abu karena berbahan semen.

Noda ini tidak bisa hilang kecuali dengan di potong dan dipisahkan dari sarang utama. Memotong bagian sarang bernoda ini biasanya menggunakan hand cutter, maka ia di namakan sarang cutteran.

Remukan atau Yen Pin

Di atas sarang cutteran ada sarang remukan atau yen pin. Yen pin atau remukan adalah sarang yang dikumpulkan dari kotoran cabutan.

Saat proses mencabut bulu diatas meja cabut, terdapat mangkuk kecil berisikan air yang digunakan untuk wadah kotoran yang dicabut dari sarang utama.

Saat kotoran dicabut, serat serat sarang utama juga ada yang ikut tercabut atau terlepas dikarenakan halusnya kotoran, dan mengharuskan bagian kecil daging sarang walet dikoyak, bahkan dicabut.

Sarang Yen pin atau hancuran

Di akhir proses pencabutan, kotoran didalam mangkuk cuci yang berisi air ini disaring, dn dipisahkan dari serat serat kecil yang ikut tercabut tadi. Setelah dicetak jadilah sarang yen pin siap masak.

Sarang yen pin cenderung lebih bersih dan putih karena sudah melalui tahap cuci dan cabut bulu. Maka termasuk dalam grade bersih diatas sapuan dan cutteran.

Sarang Yen pin yang telah dibersihkan dari kotoran, dicetak sesuai permintaan pembeli sarang bersih, ada yang bundar, persegi, bahkan tiak dicetak sama sekali, sekedar dikeringkan cukup.

Sarang Teri

Diatas sarang yen pin ada sarang yang berukuran sedikit lebih besar, yaitu sarang teri. Di namakan sarang teri karena ukurannya sebesar ikan teri.

Sarang walet teri atau tree

Sarang teri berasal dari patahan pataha kecil sarang mangkuk ataupun saang sudut yang tidak bisa diperbaiki lagi. Jika masih bisa diperbaiki, maka akan disambung kembali ke sarang mangkuk atau sudut.

Namun, jika sama sekali tidak bisa di sambung maka patahan kecil ini akan di kumpulkan dan di sendirikan hingga menjadi grade baru, yaitu sarang teri.

Sarang Kakian

Diatas sarang teri adalah sarang kakian yang merupakan kaki sarang walet yang menempel di papan sirip kayu maupun beton.

sarang burung walet bersih kakian

Kakian sarang walet yang patah dari sarang utama, dan tidak bisa disambung kembali akan di sendirikan menjadi grade baru, yaitu sarang kakian.

Sarang Patahan

Diatas sarang kakian ada sarang patahan, baik itu patahan mangkuk, patahan sudut, atau patahan pipih. Pada intinya sarang patahaan adalah sarang mangkuk dan sudut yang patah dan tidak bisa diperbaiki.

Sarang burung walet patahan besar sedang

Sarang mangkuk dan sudut yang ukurannya terlalu kecil juga masuk kategori sarang patahan. Sarang patahan dicetak menjadi tiga bentuk, yaitu patahan mangkuk, patahan sudut, dan patahan pipih atau lempeng.

Mangkuk dan Sudut Utuh

Grade mangkuk super sarang walet bersih

Diatas patahan ada sarang sudut yang masih utuh, dan selanjutnya sarang mangkuk juga yang masih utuh.

Kesimpulan Grading Sarang Walet Bersih

Jadi secara garis besar, grade sarang walet bersih adalah:

Pertama mangkuk, kedua sudut, ketiga patahan, keempat kakian, kelima terian, keenam hancuran atau yen pin, ketujuh cutteran, kedelapan sapuan atau limbah.

Kedelapan grade sarang walet bersih tersebut merupakan grade utama. Selanjutnya standar pembeli sarang bersih yang akan membagi tiap grade menjadi beberapa grade kembali.

Misalnya sarang mangkuk akan dipecah menjadi tiga grade lagi, mangkuk super, tiga jari, dan dua jari. Sarang teri dibagi menjadi dua, sarang teri besar dan sarang teri kecil.

Dari sini kedelapan gade utama bisa berkembang menjadi dua puluh hingga dua puluh lima grade turunan. Jumlahnya menyesuaikan permintaan dari pembeli sarang bersih.

Demikian ulasan tentang grading sarang walet bersih siap makan. Semoga bermanfaat.

Untuk belajar bisnis cuci sarang walet lengkap, kunjungi Waletindonesia.net

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *