Cara Menyimpan Sarang Walet Agar Tidak Kuning

Cara Menyimpan Sarang Walet Agar Tidak Kuning

Cara Menyimpan Sarang Walet Agar Tidak Kuning

Kebons.com – Pada ulasan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menyimpan sarang walet agar tidak kuning, dan aman dari kerusakan.

Pada ulasan yang lalu kita telah belajar tentang apa saja grade sarang kotor, dan apa saja grade sarang bersih.

Cara Menyimpan Sarang Walet Agar Tidak Kuning

Sarang walet yang sudah bersih, selesai proses cetak, dan keluar dari rak pengering, harus segera di packing ke wadah yang aman.

Seringkali ruangan packing dibuat terpisah dari ruang cuci sarang. Hal ini dimaksudkan agar sarang yang sudah dipacking tidak terganggu dengan aktifitas cuci sarang.

Sarang walet yang sudah di packing jauh lebih berharga daripada sarang yang sedang di proses cuci, apalagi sarang yang masih kotor. Itulah sebabnya keberadaannya harus aman dari gangguan apapun.

Wadah Penyimpaan Saragng Walet

Untuk mengamankan sarang walet bersih, gunakan wadah yang keras dan lebar, hal ini agar sarang walet aman dari beturan, dan bisa ditumpuk keatas dalam jumlah yang banyak.

Wadah yang biasa digunakan untuk menyimpan sarang walet bersih adalah box pelastik putih dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 5 cm. Biasanya dikenal dengan box donat, atau box brownies.

cara penyimpanan sarang walet yang benar

Selain box donat, wadah juga bisa menggunakan box mika transparan yang biasa digunakan untuk mas kawin dan hantaran pernikahan.

Box mika transparan bisa dibeli secara eceran di toko accesoris, bisa juga custom ke percetakan sesuai dengan ukuran yang diinginan.

Cara menimbang sarang walet bersih

Setelah box packaging siap, segera timbang satu persatu tanpa tutup. tuliskan berat box packing tanpa tutup tersebut di salah satu sisi box menggunakan spidol permanen.

Menuliskan berat box tanpa tutup bertujuan untuk memudahkan penimbangan netto sarang walet yang ditimbang menggunakan box tersebut.

Saat sarang walet ditimbang menggunakan box packing, angka yang muncul adalah bruto dari berat sarang ditambah berat box packing. Jika box packing sudah ada tulisan beratnya, maka tinggal dikurangkan tulisan tersebut untuk mengetahui berat bersih sarang walet.

Setelah box packing ditimbang, lalu beratnya ditulis menggunakan spidol permanen, masukkan sarang walet ke dalamnya hingga penuh.

Jangan Campur Banyak Grade Dalam Satu Wadah

Sarang walet yang diletakkan di dalam box packing harus satu grade. Tidak boleh bercampur dua grade atau lebih. Karena tiap grade sarang walet memiliki harga sendiri sendiri.

Setelah sarang ditata didalam box dan ditimbang beratnya, tuliskan berat bersih sarang menggunakan kertas, lalu letakkan didalam box packing.

Tujuan Menimbang Sarang Bersih

Jadi, box packing yang berisi sarang bersih memiliki dua catatan berat. Yang pertama berat box packing, yang kedua berat sarang itu sendiri.

Tujuannya adalah agar memudahkan pembeli menimbang ulang sarang walet bersih saat bertransaksi. seperti itu yang berlaku selama ini dalam transaksi jual beli sarang walet bersih.

cara simpan sarang burung walet

Sekian materi cara menyimpan sarang walet agar tidak kuning kali ini, semoga bermanfaat.

Segera daftar ke Sekolah Cuci Sarang Walet Terlengkap untuk mendapatkan pembelajaran lebih detail dan komprehensif.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *