Cara Mengolah Sarang Walet Agar Jadi Uang

cara mengolah sarang walet untuk obat kuat

Kebons.com – Pada ulasan kali ini kita akan mempelajari cara mengolah sarang walet, terutama limbahnya agar menjadi uang.

Cara mengolah limbah sarang walet

Pada ulasan sebelumnya, kita membahas teknis cuci sarang walet saat pencabutan bulu, dan telah kita pelajari bahwa hasil cabutan bulu dan kotoran lainnya, dibilas di mangkuk cabut berisikan air.

Mangkuk cabut bulu juga berfungsi untuk membilas pinset splinter yang digunakan untuk mencabut bulu, agar bersih dan bisa dipakai mencabut lagi.

Tiap kali ujung pinset mencabut kotoran, saat itu juga kita bilas dengan mencelupkannya ke mangkuk berisi air, agar kotoran terlepas dari pinset, dan jatuh kedalam air.

Kotoran yang jatuh kedalam mangkuk air merupakan limbah dari proses cuci sarang walet. Namun limbah ini masih berisikan remahan atau rontokan sarang walet yang ikut tercabut bersama dengan bulu dan kotoran.

Remahan sarang walet akan menjadi grade sarang yen ping atau sarang remahan setelah dibersihkan dari kotoran.

Peras sisa cabutan bulu

Langkah pertama dalam mengolah limbah agar terpisah dari sarang yen pin adalah dengan memeras limbah cabut bulu hingga kering terlebih dahulu.

Setelah kering, letakkan pada wadah seperti baskom dan sejenisnya. Lalu tuangkan minyak kelapa sawit secukupnya agar seluruh limbah basah dengan minyak sawit.

Selanjutnya ratakan dan remas remas secara halus limbah tersebut dengan minyak sawit hingga tampak terpisah antara bulu dan sarang yen pin.

cara mengolah sarang walet untuk kesehatan

Setelah sarang dan bulu terpisah, tuangkan air untuk mengangkat bulu ke atas. Pada poin ini, jangan gunakan air pam, melainkan air filter isi ulang, atau air RO.

Saring berulang ulang

Setelah bulu terlihat mengapung di permukaan air, buang bulu tersebut dengan menuang air ke saringan. Karena bulu masih bisa diolah kembali.

Setelah air di baskom habis, tuang lagi sarang yen pin yang tersisa di dasar baskom ke saringan, lalu cuci dengan sabun yang bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayuran, seperti mama lemon dan sunlight.

Proses cuci sarang yenpin menggunakan sabun dilakukan di atas saringan. Proses cuci ini untuk menghilangkan minyak yang tersisa, dan membersihkan sisa bulu yang tersisa.

Setelah dirasa cukup bersih dan tidak berminyak, bilas dengan air hingga bau sabun beserta busa nya hilang dari sarang yen pin.

Titek sarang yen pin

Selanjutnya adalah membesihkan bulu halus yang tersisa. Bulu halus pada proses ini jumlahnya jauh lebih sedikit daripada sebelum di proses dengan minyak sawit dan sabun.

Membersihkan bulu halus pada proses ini biasa disebut titek. Proses titek menggunakan keramik putih sebagai alas.

Letakkan sarang yen pin diatas keramik putih, lalu satu tangan mengambil bulu halus menggunakan pinset.

Cara mengambil bulu halus dari sarang yen pin adalah dengan memukul pelan bagian sarang yen pin yang menggumpal di atas keramik untuk memisahkannya dari bulu halus.

Pada saat memukul sarang, akan menimbulkan bunyi tek tek tek, yang dihasilkan dari benturan pinset dan keramik. Dari situ proses ini dinamakan titek.

Setelah proses titek selesai, pisahkan sarang yen pin yang sudah bersih dari bulu halus. Selanjutnya adalah mencetak menjadi bundar ataupun kotak.

Bentuk bundar bisa menggunakan paralon besar yang dipotong tipis, kotak bisa menggunakan plat alumunium yang dirakit sesuai ukuran tertentu.

Setelah yen pin dibentuk menggunakan cetakan bundar ataupun kotak, keringkan di rak pengering selama dua belas jam.

Ulangi proses hingga bersih

Limbah dari proses titek dan proses saring diawal masih bisa diolah kembali. Maka proses pengolahan limbah bisa diulangi hinga beberapa kali.

Terus ulangi proses ini pada limbah yang masih terdapat sarang yen pin di dalamnya, hingga yang tersisa benar benar bulu walet saja.

cara mengolah sarang walet untuk kecantikan

Demikian ulasan tentang pengolahan limbah cuci sarang agar jadi uang, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di materi selanjuitnya. Salam sukses.

Selengkapnya tentang usaha cuci sarang walet bisa disimak di Sekolah Cuci Sarang Walet Hinga Mahir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *