Alat Cetak Sarang Walet. Jual Cetakan Sarang Walet

jual cetakan sarang walet surabaya

Kebons.com – Alat cetak sarang walet akan sangat menentukan hasil akhir kualitas sarang walet bersih yang akan dijual.

Alat Cetak Sarang Walet

Menyetak sarang merupakan tahap terpenting dalam menentukan grade sarang bersih yang akan dihasilkan. Kesalahan saat menyetak sarang akan menurunkan grade sarang walet menjadi lebih rendah dan murah.

Maka pastikan betul penyetak sarang benar benar teliti dan jeli dalam memilih dan memilah sarang yang dicetak.

Alat Cetak Sarang Walet Pertama: Semprotan Air Ringan

Alat cetak sarang walet yang pertama adalah semprotan air ringan. Gunakan sempotan air yang biasa digunaka untuk memandikan burung.

cetakan sarang burung walet

Langkah pertama dalam proses cetak sarang adalah membasahi sarang dengan semprotan air yang sangat halus dan minim saat mengeluarkan air.

Fungsi dari penyemprotan ini ini adalah melembabkan kembali sarang walet yang sudah kering setelah selesai dari proses cabut bulu.

Jika dalam jumlah besar, proses pelembaban sarang bisa dilakukan dengan menyelupkan sarang ke dalam baskom berisikan air. Pencelupan ini dilakukan hanya satu kali dan dalam waktu yang singkat.

Setelah disemprot atau dicelup, diamkan selama lima belas menit agar air menyerap dan sarang yang kaku menjadi elastis dan lentur.

Alat Cetak Sarang Walet Kedua: Pinset

Proses selanjutnya setelah sarang walet elastis dan lentur, adalah menata ulang serat yang kusut dikarenakan proses pencabutan bulu yang merubah struktur sarang.

Alat cetak sarang walet yang digunakan pada tahap ini adalah pinset splinter sebagaimana yang digunakan saat proses cabut bulu.

alat cetak sarang walet

Menata ulang serat sarang dilakukan dengan mengurutkan satu persatu serat yang terlepas, atau menata kembali potongan sarang yang tumpang tindih.

Menata ulang serat disesuaikan dengan banyak atau sedikitnya struktur sarang yang rusak. Jika kerusakan tidak terlalu fatal maka serat ataupun potongan sarang cukup di rapatkan dan di rekatkan kembali sesuai posisi sebelumnya.

Menata ulang serat sarang adalah tahap pertama dalam proses cetak sarang walet yang berhubungan langsung dengan bentuk sarang walet, adapun tahap kedua adalah mengembalikan bentuk sarang.

Mengembalikan Bentuk Sarang Walet

Mengembalikan bentuk sarang adalah menyusun ulang sarang walet bersih sesuai dengan grade nya saat masih kotor.

Mengembalikan bentuk sarang hanya bisa dilakukan jika serat serat ataupun potongan sarang walet sudah ditata rapi dan dikembalikan ke posisinya semula.

Banyak sekali bentuk cetakan sarang yang dijual untuk mengembalikan bentuk sarang walet bersih. Namun ternyata cetakan sarang mangkuk bisa dipakai untuk mencetak sarang dengan grade lainnya.

Untuk mengembalikan bentuk sarang walet sudut dan patahan pun bisa menggunakan cetakan sarang walet mangkuk. Selama bentuk yang diinginkan adalah cekung.

Berbeda dengan sarang pipih atau gepeng, cetakan yang digunakan juga cetakan sarang pipih dan gepeng. Bisa dibuat secara manual dari ram kawat yang dipotong persegi panjang sesuai dengan besaran sarang yang di inginkan.

Alat Ketiga: Gerinda Solder

Setelah sarang walet diluruskan seratnya, lalu dikembalikan bentuknya sesuai bentuk awalnya, maka sarang walet siap dicetak dan dikeringkan lagi. Namun periksa sekali lagi, apakah ada serat yang rusak.

Sarang walet rusak bisa disebabkan karena noda ataupun hilang salah satu seratnya.

Kerusakan serat sarang karena noda bisa dibersigkan dengan dikerik atau dikikis menggunakan mata pinset atau gerinda. Syaratnya noda ini tidak tembus.

mesin cetak sarang walet

Alat cetak sarang walet yang digunakan adalah gerinda kecil berbentuk solder. Gerinda ini akan menghilangkan noda tanpa merusak sarang walet. Sekali lagi syaratnya satu. Noda pada sarang walet tidak tembus.

Membersikan Noda Tembus

Jika noda tembus ke sisi belakang sarang, maka serat benoda ini harus dipotong dan diganti dengan serat baru dari sarang walet lain.

Cari serat dari sarang lain yang ukuran dan warnanya sama. Hal ini agar sarang walet kita, tidak terlihat seperti dicampur dengan sarang imitasi.

Tambal Dengan Sarang Lain

Cara menambal serat sarang yang bolong akibat dipotong karena bernoda tembus, adalah dengan meletakkan serat sarang lainnya yang ukurannya dan warnanya sama, lalu direkatkan dengan menekan secara perlahan.

Agar hasilnya rapi, potongan tambalan tidak boleh bertumpuk dengan sarang utama. Selanjutnya pastikan ujung tambalan dan ujung sarang utama yang ditambal presisi dan menempel dengan baik. Jika perlu basahi lagi sarang tambalan dengan air agar mudah merekat.

Setelah tambalan cukup menutupi sarang yang bolong, tutup dengan cetakan sarang dan tekan perlahan bagian yang ditambal dari luar cetakan agar lokasi tambalan mendapat tekanan dari cetakan sarang, dan menyatu dengan sarang utama.

Terakhir: Alat Cetak Sarang Walet Dan Jepitan

Selanjutnya adalah menjepit cetakan sarang dengan jepitan satainless, kayu ataupun pelastik. Hal ini untuk menjaga tekanan cetakan sarang stabil saat dikeringkan.

Gunakan lima penjepit secara melingkar dari tepi cetakan hinga tengah cetakan. Perbandingannya adalah satu sarang dibentuk dengan dua cetakan, dan dijepit dengan lima jepitan.

Tahap akhir dari cetak sarang walet adalah mengeringkannya diatas rak pengering, dihadapan kipas yang menyala selama satu malam, tepatnya selama dua belas jam.

Demikian cara mencetak sarang walet yang benar, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di ulasan ulasan berikutnya.

Untuk Informasi bisnis cuci sarang walet lengkap, silahkan kunjungi Sekolah Cuci Sarang Walet WIN

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *